Home » 10 Cara Diet Tanpa Olahraga, Pasti Mudah Dilakukan!
Gaya Hidup

10 Cara Diet Tanpa Olahraga, Pasti Mudah Dilakukan!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang – orang untuk diet dan menurunkan berat badan tanpa olahraga. Hal ini dikarenakan masih banyak orang yang malas untuk berolahraga untuk kesehatannya sendiri.

Mereka lebih memilih melakukan diet vegan, diet dengan berpuasa, diet ketogenik, hingga diet karbo.

Namun, biasanya orang lebih fokus pada tujuan menurunkan berat badan dan mengabaikan pola makan sehat.

Padahal, pola makan sehat terbukti bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan seperti mengurangi risiko penaykit kronis dan menjaga kesehatan.

Nah, untuk kalian yang ingin mengurangi berat badan, di bawah ini kami akan berikan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

1. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Hindari Makanan dan Minuman Manis

Makanan serta minuman yang manis biasanya punya gula tambahan di dalamnya serta juga nutrisi yang tak akan bagus untuk kesehatan kita.

Termasuk juga minuman – minuman organik seperti misalnya jus buah yang kandungan gulanya cukup banyak.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi Buah dan Sayur

Mengonsumsi banyak buah serta sayuran memang bisa membuat tubuh kita lebih sehat. Hal ini dikarenakan jenis makanan tersebut bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Kandungan buah dan sayur adalah nutrisi, serat, dan air dan biasanya hanya memberikan energi dengan kalori rendah.

Namun, kalian tetap harus membatasinya karena ada beberapa jenis buah yang mengandung gula tinggi serta bisa menambah kolestrol.

3. Catat Jumlah Kalori Harian

Catat Jumlah Kalori Harian

Mencatat jumlah kalori harian kalian akan membuat kalian sadar apa yang kalian makan dan hal ini akan sangat membantu saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Kalian juga bisa mencoba menggunakan aplikasi pada handphone kalian agar bisa menghiutng serta membuat catatan harian mengenai apa saja yang sudah kalian makan.

4. Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

Cara diet dengan minum banyak air putih, tanpa olahraga pun kalian bisa jadi kurus loh. Hal ini dikarenakan 0,5 liter air bisa meningkatkan kalori yang kalian bakar sebesar 24 hingga 30% selama satu jam setelahnya.

Selain itu, minum air sebelum makan juga bisa membuat asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh menurun. Terutama bagi orang paruh baya serta lanjut usia.

Air putih sangat bagus untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa harus berolahraga karena bisa memberikan efek perut kita penuh jadi lebih tahan lapar.

5. Gunakan Piring Kecil

Gunakan Piring Kecil

Hal ini mungkin terlihat receh. Namun, ternyata memperhatikan porsi makanan merupakan kunci yang sangat penting untuk menurunkan berat badan kalian.

Kalian bisa menggunakan piring yang lebih kecil saat memakan makanan yang tidak sehat seperti tinggi lemak dan gula.

Hal in dimaksudkan agar kalian mengonsumsi makanan tersebut lebih sedikit. Cobalah untuk menyajikan makanan yang sehat pada piring yang lebih besar agar kalian lebih bersemangat menghabiskannya lebih banyak.

6. Perbanyak Sumber Protein

Perbanyak Sumber Protein

Salah satu cara terampuh jika kalian mau kurus tanpa olahraga adalah dengan protein. Diet tinggi protein juga bisa membuat kalian lebih lama kenyang serta mengurangi nafsu makan.

Karena tubuh bisa membakar kalori saat mencerna dan meningkatkan metabolisme protein sampai 80 – 100 kalori per hari.

7. Hindari Gadget

Hindari Gadget

Kebiasaan memainkan gadget saat makan ternyata bisa mengakibatkan hal tak sehat. Ada baiknya kalian menghindari gadget atau menonton tv saat sedang makan karena bisa memicu makan berlebih.

Jika kalian fokus terhadap apa yang kalian makan, maka kalian akan lebih tahu berapa banyak makanan yang sudah masuk ke mulut kalian. Sehingga cara terbaik diet tanpa olahraga dapat berhasil dengan baik karena pola hidup yang diperbaiki tersebut.

8. Batasi Karbohidrat

Batasi Karbohidrat

Diet rendah karbohidrat merupakan cara paling penting untuk menurunkan berat badan. Dengan membgatasi karbohidrat serta makan lebih banyak lemak serta protein bisa mengurangi nafsu makan dan membuat kalian makan lebih sedikit kalori.

Hal ini bisa membuat berat badan menurun sangat cepat sampai 3 kali lebih besar daripada diet rendah lemak standar.

Namun, kalian perlu mengontrolnya dengan baik karena hal ini bisa memicu banyak faktor risiko penyakit.

9. Tidur Cukup

Tidur Cukup

Orang yang kurang tidur lebih tinggi 55% akan mengalami obesitas dibandingkan mereka yang cukup tidur.

Hal ini dikarenakan kurang tidur bisa mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan sehingga membuat regulasi nafsu makan menjadi buruk.

10. Kunyah Makan Pelan – Pelan

Kunyah Makan Pelan – Pelan

Mungkin belum banyak orang yang tahu jika mengunyah makanan perlahan itu juga merupakan salah satu cara diet yang sehat dan cepat.

Karena saat makan terlalu lama otak bisa punya waktu yang lebih untuk mengenali rasa kenyang. Mengunyah pelan juga membuat semua makanan diproses dengan lebih baik dan akhirnya bisa menurunkan jumlah makanan yang masuk serta memunculkan rasa kenyang lebih cepat.

Nah, itulah berbagai cara diet tanpa olahraga yang tepat untuk kalian. Jangan sampai salah melakukan diet ya!