Inilah Kalori yang Dibutuhkan Dalam Sehari oleh Tubuh

Kalori yang Dibutuhkan

Harus dipahami terlebih dahulu bahwa antara jumlah kalori yang dibutuhkan dalam sehari baik pria dan wanita itu berbeda. Sekitar 2.500 kalori per hari adalah kebutuhan dari pria dewasa. Kemudian sekitar 5.000 kalori dalam sehari dibutuhkan oleh wanita. Begini penjelasannya.

Apa Saja Manfaat Kalori dalam Tubuh?

Secara mudahnya, kalori umum disebut sebagai satuan ukuran dari makanan yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Ketika seseorang mendapatkan jumlah kalori yang tepat, maka tubuh akan mendapatkan sumber energi.

Keberadaan kalori sendiri tidak hanya sebagai sumber energi saja, namun masih memiliki manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat yang diberikan oleh kalori pada tubuh.

  • Membantu kontrol berat badan. Kadang kala orang yang sedang melakukan diet perlu menjaga asupan kalori. Jika kehabisan kalori maka tidak mempunyai sumber energi untuk melakukan aktivitas.
  • Menjaga tubuh tetap sehat. Adanya kalori gunanya untuk melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Saat kalori rendah, maka seseorang akan kurang produktif dalam bekerja atau lainnya.
  • Menunjang pertumbuhan serta perkembangan tubuh. Anak-anak dalam masa pertumbuhan ini sangat membutuhkan kalori untuk mendukung perkembangan otak, paru, dan organ lain.
  • Memelihara kondisi psikologis tubuh. Ketika asupan kalori kurang maka kondisi psikologis akan terganggu. Misalnya jadi mudah marah, menjadi sedih dan tertekan. Oleh sebab itulah kalori harian perlu dipenuhi untuk membantu mood tetap terjaga.
  • Membantu tubuh terhindar dari virus, bakteri dan penyebab penyakit lainnya. Saat seseorang kekurangan kalori, maka akan jadi kelihatan lemah. Keberadaan kalori dalam tubuh juga menunjang aktivitas organ lain seperti detak jantung.

Cara Menghitung Kalori Harian yang Dibutuhkan

Sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu bahwa kalori mempunyai dua jenis, yakni kalori kecil (kal) dan kalori besar (kkal/kilokalori). Untuk perhitungannya adalah 1 kkal = 1.000 kal. Cara untuk menghitung kalori yang dibutuhkan dalam sehari pun cukup mudah.

Yakni dengan menggunakan perhitungan BMR (Basal Metabolic Rate) serta tingkat kegiatan harian. Rumus Harris-Benedict menjadi cara paling sering dipakai oleh ahli gizi. Yang mana perhitungannya berdasarkan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, serta usia.

  • Wanita = 655,1 + (9,563 x berat badan) + (1,850 x tinggi)– (4,676 x umur)
  • Pria = 66,5 + (13,75 x berat badan) + (5,003 x tinggi cm) – (6,75 x umur)
  • Perhitungan BMR dikali dengan angka kegiatan rata-rata harian. Untuk angkanya berkisar pada 1,2 – 1,9 dan tinggi atau rendahnya kegiatan dalam sehari. Angka ini akan semakin rendah jika kegiatan yang dilakukan juga jarang.

Sebagai contohnya ada seorang wanita dengan usia 24 tahun memiliki BB 50 kg dan TB 155. Aktivitas harian wanita ini termasuk rendah, karena sebagai pegawai kantoran. Untuk perhitungannya sendiri seperti berikut ini :

655,1 + (9,563 x45) + (1,850 x 155) – (4,676 x 24) = 1.257,77

Pegawai kantoran ini termasuk orang yang jarang berolahraga dan. Maka angka kegiatan hariannya yang didapatkan 1,2. Jadi, perhitungan kalori harian yang dibutuhkan, 1.257,77 x 1,2 = 1.509,33 kkal.

Demikianlah pembahasan mengenai kalori yang dibutuhkan dalam sehari dari segi manfaat dan cara menghitungnya. Jaga kalori tetap stabil untuk mendapatkan energi dan tetap sehat menjalani aktivitas harian.