Mengenal Apa Itu Rhinitis Alergi

Rhinitis Alergi

Cukup banyak orang yang mengalami gangguan alergi pada bagian hidung atau salurannya. Namun, walaupun begitu kurang mengenal apa itu rhinitis alergi. Karena memang istilah ini kurang umum di kalangan masyarakat.

Selain disebut sebagai rhinitis alergi, gejala ini juga disebut juga sebagai Hay Fever. Sebagian orang, mengira gejala jenis alergi satu ini sama saja seperti pilek. Mungkin juga ada yang menganggapnya sebagai respon alergi tertentu.

Jadi, Apa Itu Rhinitis Alergi?

Secara sederhana, rhinitis alergi adalah sebuah gangguan pada lapisan di dalam hidung. Gangguan ini sampai menyebabkan peradangan pada bagian lapisan ini. Radang disebabkan oleh interaksi lapisan dengan alergen atau zat yang menyebabkan alergi.

Namun, mengapa reaksi ini menyebabkan gejala yang cukup parah sampai terjadi peradangan? Sebenarnya, yang melukai dan menimbulkan respon radang pada lapisan ini bukanlah allergen itu sendiri. Malah respon tubuh pada allergen tersebut lah yang menyebabkan radang.

Hal ini karena tubuh kurang mengenali zat penyebab alergi yang masuk dan berinteraksi dengan lapisan pada bagian dalam hidung. Akibatnya, tubuh bereaksi berlebihan ketika merespon zat alergen ini.

Respon yang berlebihan inilah yang biasanya menyebabkan alergi. Karena tubuh melakukan pertahanan yang terlalu berlebihan sehingga menyebabkan sistem imun terlalu terpusat dan menyebabkan radang.

Namun, sebenarnya rhinitis alergi ialah kondisi yang sangat umum di seluruh bagian dunia. Gejalanya memang sama dengan pilek dan perawatannya pun tidak berbeda jauh. Hanya penyebabnya saja yang berbeda.

Kapan Alergi Harus Diperiksakan ke Dokter?

Walaupun rhinitis alergi adalah kondisi yang sangat umum dan perawatannya cenderung mudah, namun gejalanya tidak bisa diremehkan. Ada kemungkinan akan muncul gejala yang tidak umum karena reaksi dari tubuh yang tidak terduga.

Karena itu, pada kondisi dan tingkat tertentu sangat perlu untuk memeriksakan diri ke dokter dan melakukan konsultasi. Apalagi, jika sudah ada tanda-tanda yang tidak normal pada hidung. Berikut adalah gejala-gejala yang muncul jika kondisi sudah cukup parah:

  • Pengobatan yang diberikan tidak bisa meredakan gejala yang muncul.
  • Obat yang dulu efektif meredakan sekarang sudah tidak bekerja dengan baik lagi.
  • Adanya reaksi alergi yang parah atau disebut sebagai anafilaksis.

Jika gejala di atas muncul, ada baiknya pasien langsung dibawa ke dokter spesialis alergi untuk mendapatkan analisis yang lebih lanjut. Karena kondisinya yang umum, banyak orang yang meremehkan rhinitis alergi dan tidak memeriksakannya ke dokter.

Padahal, tanpa pengawasan dan perawatan dari dokter, alergi bisa menjadi semakin parah. Tidak seperti pilek yang bisa disembuhkan, alergi sulit untuk dihilangkan sepenuhnya. Pengobatan rutin dan perawatan harus dilakukan untuk meminimalisir gejalanya.

Itulah pembahasan mengenai apa itu rhinitis alergi. Kondisi yang umum ini ada baiknya tidak diremehkan. Segera cari perawatan dan penanganan dari dokter jika kondisi alergi sudah tidak bisa diatasi lagi.