Home » Daftar 10 Minuman Sehat Yang Harus Ada di Menu Kalian
Kesehatan

Daftar 10 Minuman Sehat Yang Harus Ada di Menu Kalian

Agar bisa menjaga kesehatan tubuh, kita harus terlebih dulu memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Seringkali kita hanya menjaga asupan makanan saja dan lupa dengan asupan minuman yang juga sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Nah, jika kalian ingin memulai menjaga asupan minuman kalian, kalian bisa memulainya dengan minum – minuman yang sehat serta mampu mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh kita. Minuman yang sehat juga bukan hanya air putih saja namun banyak menu minuman sehat yang disediakan di luar sana.

Nah, untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan berikan daftar minuman sehat yang mungkin bisa menjadi pendamping makan kalian suatu hari.

1. Cokelat Panas

minuman sehat sebelum tidur

Coklat panas juga merupakan salah satu minuman sehat yang sangat baik untuk tubuh. Apalagi jika kalian wanita yang sering berurusan dengan kram menstruasi. Salah satu cara alami yang terbaik untuk meredakan rasa sakit adalah melalui minum minuman dengan kandungan magnesium yang tinggi.

Untuk mendapatkan magnesium itu, kalian bisa membuat coklat panas buatan sendiri dengan bubuk cokelat mentah. Kalau perlu, kalian bisa menggunakan susu almond, madu, atau sirup maple jika mau membuatnya menjadi sedikit lebih manis.

2. Jus Delima

minuman sehat pencegah kanker

Delima atau pomegranate ini sudah dipuji sampai akhirnya nge trend dikarenakan antioksidannya yang kuat yang dikandung di dalamnya. Penelitian juga membuktikan jika minuman sehat untuk jantung yang berwarna merah ini punya fungsi untuk membantu mencegah peradangan, kanker, hingga penyakit jantung.

Mengonsumsi jus delima 1 gelas setiap harinya merupakan pilihan yang baik. Namun, pastikan kalian meminum jus delima yang murni dan menjauhkan minuman delima yang berbentuk kemasan apalagi yang dijual dengan harga murah. Hal ini dilakukan untuk menghindari jus yang sudah dicampur dengan berbagai campuran zat kimia.

3. Jus Kale

minuman jus sehat untuk usus

Semua orang suka kale. Namun, ada alasan tertentu kenapa banyak orang yang sangat suka dengan minuman sehat satu ini. Hijau, gelap, dan berdaun keriting dengan vitamin serta mineral yang bisa membantu segala hal mulai dari kesehatan tulang sampai dengan mengatur usus kalian.

Hindarilah membeli minuman yang botolan karena variasi itu cenderung mengandung cukup banyak natrium. Mungkin ini bukanlah ide yang buruk untuk berinvestasi dalam juicer dan mulai membuat jus kale maupun jus sayuran lainnya.

4. Susu Rendah Lemak

Susu Rendah Lemak

Susu adalah salah satu minuman yang mungkin sudah sangat sering kita temui demenjak kita masih kecik. Minuman ini dianggap sebagai sumber kalsium dan vitamin D yang sangat baik sejak masih anak – anak. Susu rendah lemak dan skin juga merupakan sumber protein serta mikronutrien yang sangat penting untuk tubuh.

Lalu varietas rendah lemak ini merupakan pilihan yang terbaik karena mempunyai kandungan lemak jenuh dibandingkan dengan susu murni. Karena pilihan susu rendah lemak inilah, kalian bisa melengkapi menu kudapan sehat setiap hari dengan susu yang juga sehat.

5. Jus Lemon

Jus Lemon

Lemon punya berbagai kemampuan mulai dari membersihkan hati, merangsang produksi empedu, hingga membantu pencernaan. Lemon juga bisa membawa vitamin C ke dalam tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian.

Kalian bisa mengonsumsi jus lemon ini setiap paginya untuk mendetoks tubuh kalian agar terbebas dari radikal bebas yang membandel. Namun, harus diingat kalian harus mengisi perut dengan makanan dulu sebelum mengonsumsi jus lemon. Apalagi kalau kalian punya penyakit maag.

6. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau diakut menjadi salah satu minuman terbaik untuk mencegah kanker. Namun, ternyata manfaatnya bukan hanya itu saja. teh hijau ini juga terbukti bisa meningkatkan fungsi arteri sehingga bisa mengurangi penyakit kardiovaskular.

Penelitian juga menemukan bahwa orang tua Tionghoa yang diteliti punya fungsi arteri orang Australia di usia 20 an dipercaya mengonsumsi teh hijau yang memang sudah menjadi tradisi yang dilakukan masyarakat tionghoa sejak dulu. Minuman ini juga bisa digunakan untuk diet loh.

7. Teh Jahe

minuman sehat yang hangat

Jahe merupakan salah satu obat alami yang akan sangat baik untuk mengatasi semua masalah perut. Jahe bahkan sudah dipromosikan menjadi cara untuk meredakan sakit perut, meringankan mabuk perjalanan dan mual terkait kehamilan, hingga meringankan pencernaan.

Buatlah secangkir teh jahe yang segar sendiri dengan cara merendam 1 atau 2 irisan tipis jahe segar ke dalam secangkir air panas. Sendok sedikit madu agar lebih halus dan lebih membuat tenggorokan menjadi tenang.

8. Jus Jeruk

Jus Jeruk

Segelas jus jeruk yang segar memang benar – benar sehat untuk asupan vitamin C di tubuh kita. Tetapi, banyak yang menganggap bahwa cara membuat jus jeruk ini adalah cara yang rumit. Kalau itu masalahnya, simpanlah untuk saat yang paling praktis seperti musim alergi.

Alergi musiman sudah terbukti bisa ditenangkan dengan vitamin C dan quercetin atau yang merupakan suatu bentul flavonol yang ditemukan di dalam buah – buahan serta sayuran tertentu yang keduanya terkandung di dalam minuman jus jeruk sehat yang segar.

9. Jus Kranberi

Jus Kranberi

Jus craberry atau kranberi merupakan jus yang mengemas antioksidan yang bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular serta beberapa jenis kanker serta bisa menjaga saluran kemih agar tetap sehat.

Minuman olahan yang berasal dari buah ini punya cita rasa asam sendiri sehingga kalian bisa mengkombinasikannya dengan gula maupun jus buah manis lainnya. Namun, pastikan kalian mencari jenis minuman yang 100% murni tanpa tambahan pemanis buatan lainnya. Kalian mungkin bisa menemukan minuman sehat tersebut di indomaret namun bisa saja akan sedikit sulit.

10. Jus Bit

minuman jus sehat peningkat stamina

Bit punya kemampuan untuk menurunkan tekanan darah kalian, meningkatkan stamina kalian hingga meningkatkan aliran darah ke otak pada orang dewasa yang lebih tua atau secara tidak langsung bisa memperlambat perkembangan demensia.

Salah satu minuman sehat untuk darah tinggi ini juga bisa menjaga hati agar lebih sehat dengan nol trans dan lemak jenuh dan juga menganudng magnesium yang tinggi, kalsium, hingga tingkat zat besi. Satu – satunya kekurangan dari jus ini adalah sulit ditemukan pada sebagian besar supermarket atau pasar. Jadi, kalian mungkin perlu memesannya dari toko jus tertentu atau membuatnya di rumah.

Memulai hidup sehat memang harus dimulai dengan mengonsumsi asupan yang bernutrisi untuk kalian. Dengan minuman – minuman sehat yang ada di atas, kalian akan berinvestasi pada tubuh kalian secara tidak langsung di hari tua nanti. Semoga bermanfaat.