Home » Pengertian, Sejarah, Hingga Cara Membuat Seni Abstrak
Seni

Pengertian, Sejarah, Hingga Cara Membuat Seni Abstrak

Seni Abstrak – Seni adalah hasil karya kreativitas yang muncul dari imajinasi penciptanya. Ada banyak contoh hasil karya seni yang merupakan bentuk representasi dari objek di dunia nyata. Misalnya seperti lukisan manusia, seni montase, patung hewan, dan lain – lain.

Namun, mungkin kalian juga pernah melihat hasil karya seni yang tidak mempresentasikan suatu objek di dunia nyata. Seni ini bisa disebut dengan nama seni abstrak. Dibandingkan dengan jenis lainnya, seni abstrak memang cenderung lebih unik serta mempunyai ciri khas tersendiri.

Jika kalian ingin membuat sebuah karya seni abstrak, kalian harus paham terlebih dulu apa itu seni lukis abstrak serta bagaimana cara membuat seni tersebut. Untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan berikan berbagai informasi mengenai seni abstrak.

Pengertian Seni Abstrak

Pengertian Seni Abstrak

Seni abstrak adalah ciptaan seni yang mengandung unsur garus, bentuk, dan warna yang sifatnya bebas atau tak terikat dengan bentuk alam. Di dalam seni ini, bentuk nyata alam tak menjadi fokus pembuatan objek utamanya. Jikalaupun menggunakan bentuk nyata alam, biasanya hanya menjadi motif dasar untuk membentuk sebuah karya seni.

Kriteria yang seringkali digunakan untuk membuat karya dengan gaya abstrak adalah ekspresionalisme. Eskpresionalisme merupakan aliran seni rupa yang menganggap bahwa suatu karya keluar dari diri seniman, bukan meniru atau menduplikasi alam dunia. Bagi ekspresionalisme, seniman memiliki daya ingat dan cara pandang terhadap alam. Lalu diekspresikan pada karyanya.

Sejarah Seni Abstrak

Sejarah Seni Abstrak

Perkembangan seni abstrak bermula dari Barat sekitar abad ke – 19 di Eropa. Orang – orang di masa prasejarah mengisi waktu luang mereka dengan menggambar serta melukis, cara komunikasi dengan memanfaatkan gambar di akhirnya merangsang terbentuknya sistem tulisan karena huruf sebenarnya bersumber dari simbol – simbol gambar yang dibakukan dan disederhanakan.

Di sisi lain, ada beberapa orang di dalam kelompok masyarakat prasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menggambar daripada mencari makanan. Karena sudah terbiasa dengan kebiasaannya, mereka lalu mulai ahli dalam membuat gambar serta menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu jika dibuat sedemikian rupa akan lebih menarik.

Mereka lalu juga mulai menemukan cita rasa keindahan serta aktivitasnya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin ahli dalam membuat gambar. Lalu di awal abad ke – 20, seni ini mulai berkembang cukup pesat pada Amerika Serikat. Di awal kemunculannya, seni abstrak juga mampu memunculkan aliran seni baru di Barat dimana sebelumnya selalu berkutat untuk aliran rasionalisme, empirisme, materialisme, dan realisme.

Setelah seni abstrak semakin dikenal, para pelukis pun beberapa ada yang beralih ke jenis seni ini. Para pelukis mulai merepresentasikan objek nyata ke seni abstrak dengan mengutamakan warna simbolik dibandingkan dengan warna alami.

Saat beralih ke seni abstrak, para pelukis di era itu mengabaikan tiruan kenyataan atau objek nyata alam serta lebih memilih membuat isyarat objek itu. Para pelukis juga lebih mengutamakan gagasan mereka mengenai karya seni yang akan dibuat dibandingkan dengan observasi.

Ciri Seni Abstrak

Ciri Seni Abstrak

Seni abstrak termasuk unik karena memiliki objek yang berbeda dengan seni pada umumnya. Keunikkan inilah yang membuat seni abstrak punya beberapa ciri pembeda dengan karya seni biasanya.

Ciri utama dari seni abstrak adalah bentuknya yang tak bisa dikenal. Karena hasil dari gambar seni abstrak ini adalah hasil imajinasi dari seniman dalam menemukan esensi dari bentuk objeknya. Ciri lain dari seni ini adalah bentuknya yang tak pernah berhubungan dengan sesuatu yang pernah dilihat di dunia nyata.

Walau begitu, jika diamati lebih jauh, mungkin penikmat seni akan berpikir jika mereka pernah melihat objek dalam seni abstrak tersebut. Idiom warna yang dipakai dalam seni ini biasanya berbeda dengan karya seni lain. Karena, perpaduan warnanya memiliki kesan yang unik serta diolah sedemikian rupa agar menghasilkan warna yang harmonis. Selain itu, ada pula beberapa ciri lainnya yaitu:

  • Bentuknya tak pernah dikenali
  • Bentuk abstrak tak berhubungan langsung dengan bentuk apapun yang pernah dilihatnya, namun jika diamati akan terlihat seperti sesuatu
  • Warna, bentuk, dan bahan tambahan lain dalam melukis abstrak merupakan sebuah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih menarik
  • Dalam pembuatannya, lukisan abstrak ini cukup peka dalam kompossi warna dan lebih banyak menggunakan cat air
  • Seni abstrak yang lebih banyak menggunakan cairan biasanya dikategorikan dengan seni abstrak figuratid. Dan lukisan yang merupakan hal yang tidak visual seperti emosi, suara / pengalaman spiritual.

Contoh Seni Abstrak

Contoh Seni Abstrak

Contoh di atas merupakan salah satu contoh karya seni abstrak yang berupa seni lukis. Jika dilihat, kita tak tahu apa yang digambarkan oleh seniman itu. Warna yang berbeda serta bentuknya yang tak sesuai dengan representasi objek nyata alam menjadi ciri khas seni abstrak.

Teknik Seni Abstrak

Teknik Seni Abstrak
  • Teknik Menjahit: sebuah metode dalam pengikatan (menempelkan, menghubungkan, dan lain sebagainya) dengan menggunakan alat benang dan jarum.
  • Teknik Transparan: Teknik melukis atau menggambar dengan cat air dan menggunakan aplikasi cat yang tipis hingga hasilnya terlihat sangat transparan.
  • Teknik Pahat: Teknik yang dibuat dengan membuang bahan – bahan yang tak dipakai dalam pembuatan patung. Cara melakukannya adalah dengan pahat atau tatah atau ukiran dan palu. Bahan yang digunakan adalah bahan keras seperti cadas, batu, kayu, pletser, dan tanah liat kering.
  • Teknik Klose: Sebuah teknik dengan memotong kertas yang nantinya dirangkau menjadi lukisan yang abstrak atau realistis.
  • Teknik Menuang: Proses pengecoran dengan bahan cair yang dituangkan ke dalam alat referensi dalam bentuk cetakan. Setelah itu susah dihilangkan dari referensi atau sebuah bentuk. Bahan cair ini terdiri dari semen, karet, paltik, logam, dan besi cor.
  • Teknik Plakat: Sebuah cat poster (cat minyak akrilik) dengan garis tebal digunakan untuk menghasilkan warna yang padat dan pekat.
  • Teknik Butsir: Teknik yang menggunakan alat kelapa sawit sederhana dan alat lainnya seperti kayu dan kawat. Bahan yang digunakan yaitu lunak, fleksibel, elastis, termasuk tanah liat dan plastik.
  • Teknik Mozaik: Sebuah objek yang menyerupai 3 dimensi dan dilampirkan dengan sedemikian rupa hingga lukisan dibuat.
  • Teknik Membangun: Sebuah kegiatan yang melibatkan mengatur berbagai komponen yang menjadi objek yaitu tiga dimensi.
  • Teknik 3M: Sebuah bentuk (melipat, merekatkan, dan memotong) lembaran kertas dibawa ke dalam sebuah bentuk 3 dimensi.
  • Teknik Merakit: Suatu pekerjaan di mana beberapa bagian atau potongan material dikaitkan. Biasanya moda ini disebut dengan perakitan, hasilnya disebut dengan perakitan. Potongan – potongan material akan dihubungkan dengan pengelasan, sekrup, ataupun dengan cara lain.
  • Teknik Aplikasi: Sebuah pekerjaan dekoratif dalam teknik menjahit dengan menempelkan atau menjahit guntingan kain, seperti bunga, hewan, buah, dll. Dan pada kain lainnya yaitu sebagai hiasan.
  • Teknik Menganyam: Sebuah kerajinan tangan dimana sebuah bahan akan diangkat dan tumpang tindih atau di silang sehingga menjadi kepang atau anyaman.
  • Teknik Makrame: Suatu bentuk dari seni kerajinan simpul – simpul yang bekerja di awal dan akhir rantai benang dari produk anyaman dengan mengolah simpul yang berbeda dalam rantai benang menjadi jumbai dan rumabi yang berbeda.

Cara Membuat Seni Abstrak

Cara Membuat Seni Abstrak
  • Pertama – tama, kalian harus menyiapkan alat dan bahan seperti pensil, kanvas, cat, dan kuas
  • Untuk kanvasnya, kalian bisa membeli yang sudah jadi dengan berbagai ukuran di toko kerajinan. Biasanya bisa menggunakan kanvas ini secara langsung. Namun, tak ada aturan bahwa kalian harus menggunakan kanvas yang dilapisi dan bisa digunakan. Nyatanya, seniman abstrak sering menggunakan kanvas yang tak dicat atau yang tak siap untuk digunakan. Jika kalian mau memberikan warna latar belakang, siapkan sebotol Gesso dan oleskan sedikit warna ke kanvas dan nantinya lapisan ini akan segera kering
  • Untuk cat, pikirkan baik – baik apakah akan menggunakan cat akrilik atau cat minyak. Cat akirilik tidak akan menghasilkan bau dan mudah digunakan karena mengering dengan cepat dan kalian juga bisa menerapkan cat jika terjadi miss / kesalahan. Namun, cat minyak biasanya tidak digunakan karena baunya, memerlukan lebih banyak waktu untuk mengering, dan tidak bisa dilapisi jika dilakukan dengan salah
  • Untuk kuas, pilihlah kuas dengan cat terpilih. Kalian juga bisa menggunakan pisau palet untuk melukis dan menciptakan tampilan yang bertekstur. Walaupun beberapa seniman suka menggunakan kayu penyangga, namun banyak pula seniman abstrak yang memilih untuk meletakkan kanvas di lantai agar lebih dekat dengan lukisan
  • Jika kalian tak yakin warna mana yang pas, pertimbangkan dulu untuk menggunakan kartu warna atau roda warna, hal ini mungkin saja bisa membantu kalian menunjukkan warna mana yang cocok satu sama lain
  • Tergantung pada tingkat kebingungan dalam lukisan yang akan dilakukan, cara yang terbaik adalah untuk berganti pakaian dengan kaos yang lama atau sudah lama tidak digunakan. Sehingga kalian tak perlu lagi khawatir cat akan terkena percikan cat pada pakaian kalian. Kalian bisa lebih fokus pada lukisan abstrak atau kreasi artistik
  • Lalu letakkan beberapa koran untuk mencegah percikan atau cat dari percikan, terutama jika kalian berencana untuk melukis dengan menjentikkan kuas ataupun meletakkan kanvas di lantai

Seni lukis pensil abstrak memang banyak ditemukan di kehidupan kita apalagi di galeri seni. Namun, masih banyak orang yang berpikir bahwa seni ini tak ada gunanya. Padahal, seni abstrak juga sama indahnya dengan seni yang lain dan pasti memiliki maknanya tersendiri. Nah, dengan adanya artikel ini semoga kalian bisa lebih paham apa itu seni abstrak dan mengapa disebut sebagai seni. Semoga bermanfaat.

Partner Site

Ayo bergabung dengan situs slot online terbaru untuk bermain game judi online terpercaya menggunakan uang asli yang sangat menguntungkan agar anda bisa cepat kaya raya.